Thursday, June 27, 2013

7 Penyebab Penyakit Mental

            Seperti yang kita ketahui di zaman sekarang perkembangan teknologi sudah begitu cepat dan luar biasa, sulit kita untuk menutupi diri menanggapi hal demikian, sayangnya seiring perkembangan zaman, banyak sekali fenomena keanehan yang terjadi pada diri manusia diantaranya penyakit mental yang dari hari ke hari semakin bertambah dan banyak sekali ditemukan, adapun penyebab beraneka ragam. Oke pada artikel ini guhe mau tulis 7 penyebab penyakit mental :
1. Gizi Buruk dan Makanan

Gizi buruk tidak hanya mempengarui kesehatan fisik, tetapi kondisi mental. Karena asupan gizi dari makanan yang kita makan sangat berperan penting dalam kinerja otak kita. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan asupan gizi untuk tubuh kita,dengan begitu akan  menciptakan mood positif. Hal ini menjadi mungkin karena neurotransmitter menyimpan tingkat bahan kimia yang tergantung pada jumlah makanan yang kita ambil, sebenarnya juga makanan juga sangat berpengaruh pada kehidupan kita dan perkembangan psikis kita juga karena rosulloh pun mengingatkan kita untuk memakan makananan yang halal karena memang pengaruh dan dampaknya bagi kesehatan psikis dan fisik kita.
 
2. Pencemaran atau racun

Ketika Anda mendengar kata polusi atau racun, itu benar-benar mengacu pada logam berat yang mencemari udara, , tanah, dan air. Lingkungan di sekitar kita tidak dijamin aman untuk manusia terutama untuk anak-anak .tentu  ada risiko yang lebih tinggi dari pencemaran atau racun tersebut terutama gangguan mental. Bahkan, jika seseorang secara teratur mengekspos ke logam berat bisa menyebabkan keracunan. Tidak masalah jika salah satu bahan akan memberikan efek minimal untuk individu, namun secara bertahap, ia menghancurkan kemampuan untuk komunikasi dan pemahaman. Hasil ekstrim lain dari terlalu banyak terpapar racun adalah sakit kepala, hipertensi, disfungsi ginjal, dan perilaku agresif.

3. Bahan Kimia / kimia otak

Bahan kimia memang selalu berdampak buruk bagi tubuh manusia. Bahkan, banyak penelitian yang mengatakan tubuh terutama otak yang terkontaminasi dengan bahan kimia terlalu banyak akan mengakibatkan perubahan kepribadian orang tersebut. Ini item tertentu masih diperdebatkan karena masih berlangsung penelitian mengenai hal ini. Oleh karena itu, menurut salah satu peneliti yang dikenal yaitu  Profesor Valenstein yang telah meneliti tentang biokimia penyakit mental bahwa ada sejumlah teori mengenai relatif menghubungkan penyakit mental ke kimia otak, tapi masih lemah.
       

4. Masalah pribadi / Pengalaman Negatif

Gangguan mental seseorang dapat terjadi bila seseorang sedang mengalmi permasalahan pribadi dan sebuah pengalaman negative. Pada kenyataannya, mereka membutuhkan outlet di mana mereka dapat melepaskan pikiran negatif mereka. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi pada waktu itu masih berdiam atau tetap hidup di dalamnya. Meskipun demikian, terdapat berbagai cerita dari orang-orang yang tidak mampu mengatasi masalah pribadi mereka. Ini mempengaruhi tidak hanya kondisi sosial orang tersebut, tetapi yang paling penting itu mungkin akan menimbulkan pola destruktif atau perilaku yang dapat membahayakan dirinya sendiri.


5. Trauma Psikologis

Trauma Psikologis adalah alasan yang spesifik untuk penyakit mental . Bahkan pasien atau orang yang menderita trauma psikologis yang paling mungkin untuk mengembangkan keadaan parah halusinasi, dan gangguan mental yang disebabkan oleh pengalaman tertentu yang mereka tidak bisa menjauhkan diri dari pikiran mereka, dan terus datang kembali dalam pikiran mereka. Trauma psikologis hanya terjadi jika tak pengulangan situasi trauma psikologis yang dihadapinya. Beberapa gejala trauma psikologis adalah kecemasan, isolasi dari orang lain, perubahan suasana hati, insomnia, dan mati rasa.

6. Cedera Otak / Cacat otak

Ada sejumlah pertanyaan jika memang cedera otak akan mengakibatkan penyakit mental. Jawabannya pasti ya karena cedera otak mungkin mengakibatkan skizofrenia atau lebih dikenal sebagai gangguan psikotik. Meskipun demikian, hal ini tidak selalu terjadi sama karena menurut para ahli kesehatan mental, sejarah harus diingat dalam rangka menegakkan diagnosa atau kesimpulan bahwa individu juga memiliki kebiasaan atau perilaku yang diwujudkan akan menyebabkan gangguan mental. Memang ada perubahan atau efek kepada orang-orang yang mengalami cedera otak  terutama jika itu adalah jenis yang parah yang dapat mempengaruhi seperti bagaimana seseorang itu berpikir.

7. Genetika

Pergi ke penjelasan ilmiah dan rincian tentang penyebab turun-temurun atau genetika penyakit mental telah diidentifikasi dengan pengamatan kelainan gen yang terkait dengan skizofrenia, dan depresi manik. Secara medis masalah mental selalu dikaitkan dengan lebih dari satu gen yang benar-benar terjadi karena gen yang berbeda ditemukan pada kromosom berbagai populasi yang paling luas. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1980 membuktikan fakta ini, karena penemuan mereka dari dua gen pada beberapa individu yang didiagnosis depresi manik. Memang benar bahwa dalam sebuah keluarga yang memiliki riwayat gangguan mental, bahwa gen tertentu dapat diturunkan, tetapi hanya bisa dipicu jika seseorang terkena bahan kimia atau obat yang rentan untuk meningkatkan penyakit mental.

        Hal yang terpenting sekarang adalah di sekitar kita banyak yang demikian, karena itu lindungilah keluarga kita jangan segan jika ada hal yang aneh yang terjadi pada keluarga kita segeralah kita menghubungi yang ahlinya ( psikologi/psikiater )



0 komentar: