Sunday, July 7, 2013

APA ITU ANIME, MANGA, J-MUSIC, TOKUSATSU & COSPLAY?

APA ITU ANIME, MANGA, J-MUSIC, TOKUSATSU & COSPLAY?
Walaupun sudah ada sebagian dari kita yang mengetahui apa itu animemangaj-music dan tokusatsu, ada baiknya aku memberikan ulasan sedikit saja tentang hal-hal tersebut agar mereka yang tidak tahu dengan istilah ini setidaknya mengerti apa yang dimaksud.
Anime : adalah suatu kata yang digunakan untuk menyebut film animasi, dalam hal ini animasi buatan Jepang. Bisa juga disebut Japanimation, tetapi sebutan ini sepertinya kurang populer. Anime bisa dikatakan mirip dengan kartun, tapi gayanya berbeda. Karakter-karakter dalam anime kebanyakan mempunyai mata yang besar, kecuali karakter yang sudah dewasa, mempunyai mata yang sedikit kecil. Rambut dalam anime, diwarnai dengan berbagai macam warna. Bahkan untuk warna yang paling mustahil dipakai dalam dunia nyata sekalipun, seperti merah muda, hijau, dll. Untuk targetnya, tidak seperti kartun yang kebanyakan ditujukan untuk anak-anak dan remaja laki-laki, anime ditujukan untuk anak-anak, remaja, dewasa, pria atau wanita.





Manga : adalah suatu kata yang digunakan untuk menyebut komik, dalam hal ini komik buatan Jepang. Manga mempunyai sejarah yang cukup panjang di Jepang dan juga digunakan sebagai salah satu sarana pendidikan. Cara penyebutan kata manga yang benar adalah mangga. Di Jepang sendiri huruf “n” dibaca “ng”. Semoga dimengerti.







J-Music : merupakan istilah yang dibuat oleh penggemar musik Jepang untuk lebih mengetahui genrenya secara detail. Secara harfiahnya, J-Music adalah musik Jepang. Termasuk di dalamnya J-Pop, J-Rock, dll. Untuk contoh band/artis yang termasuk J-Pop maupun J-Rock, sepertinya tidak perlu disebutkan lagi.

Tokusatsu : Merupakan singkatan dari “tokushu satsuei” yang dalam bahasa Inggrisnya berarti special effects. Jadi arti secara keseluruhan dari kata Tokusatsu itu adalah film atau serial televisi Jepang yang genrenya action plus special effects. Banyak sekali contoh dari serial Tokusatsu. Sebut saja Kamen Rider Series, Super Sentai Series [ingat dengan Goggle V, Jetman, Turboranger, Megaranger? inilah yang dinamakan Sentai], Metal Heroes [tentu masih ingat dong dengan Gavan, Sharivan, Shaider], Kaiju/Ultraman, Other Heroes [Megaloman, Lion Maru], dan lainnya.

Cosplay : adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang [Wasei-eigo] yang berasal dari gabungan kata “costume” [kostum] dan “play” [bermain]. Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, game, atau penyanyi/musisi idola. Pelaku cosplay disebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai layer. Di Jepang, peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual-kei. Penggemar cosplay termasuk cosplayer maupun bukan cosplayer sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, diantaranya Amerika Serikat, RRC, Eropa, Filipina, Singapura, Malaysia dan tentu saja Indonesia. Dalam catatan sejarah Jepang, cosplay pertama kalinya dikenakan oleh Mari Kotani yang memakai kostum Triton of the Sea [judul komik karya Ozamu Tesuka, yang juga beken dengan karyanya berjudul Tetsuwan Atom/Atom Boy/Astro Boy]. Dan itu terjadi pada tahun 1978.

sumber :

0 komentar: